• Tentang Pondok Pesantren Alkhoirot

    Pondok Pesantren Al-Khoirot (Alkhoirot) Karangsuko Pagelaran adalah Pondok Pesantren yang sejak lama mempunyai misi untuk mendidik dan mengembangkan pengetahuan santri di bidang ilmu agama, hal ini berlangsung sejak di dirikan sampai pada saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman, terdapat tuntutan dari masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan formal yang alumnusnya diakui oleh pemerintah dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

  • Keringnya Karya Ilmiah di Pesantren

    Membuat suatu karya tulis, apalagi yang dapat disebut magnum opus, bukanlah tradisi pesantren. Seorang santri yang murni lulusan pesantren dan tidak pernah mengenyam bangku perguruan tinggi yang berhasil menulis karya ilmiah yang berkualitas tinggi adalah fenomena langka. Ini terjadi karena disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kurikulum yang kurang visioner.

  • Meningkatkan Tradisi Menulis Santri

    Penerbitan Buletin Al-Khoirot secara teratur setiap bulan adalah salah satu upaya untuk membiasakan budaya tulis di kalangan santri pesantren mengingat betapa pentingnya budaya tulis untuk melestarikan pemikiran, pencatatan sejarah, dan akselerasi informasi. Karena, ada banyak kasus di mana gemar membaca saja tidak cukup untuk mencapai tujuan keilmuan.

  • Mengapa Menulis itu Penting

    Mengapa tradisi menulis penting bagi santri santri? Agar keilmuan, hikmah dan pengalaman yang kita miliki dapat dinikmati tidak hanya oleh murid atau santri yang mendengarkan bimbingan kita secara langsung, tapi juga siapa saja yang membaca tulisan kita. Baik di masa kita hidup, maupun puluhan atau bahkan ratusan tahun setelah kita meninggal dunia.

  • Bagaimana Memulai Menulis

    Kebiasaan menulis akan membuat kita akan terbiasa menghargai orang dari isi otaknya bukan dari umur atau senioritasnya apalagi jabatannya. Di sisi lain, membiasakan mengirim tulisan ke media membuat sikap kita jadi kompetitif. Sekedar diketahui, untuk media seperti Kompas atau Jawa Pos, tak kurang dari 70 tulisan opini yang masuk setiap hari, dan hanya 4 tulisan yang dimuat.

Tentang Kami

BULETIN AL-KHOIROT merupakan media tulis yang diterbitkan oleh Pondok Pesantren Al-Khoirot. Visi dari pada BULETIN ini ialah untuk memberikan wawasan dan melanjutkan tradisi baca tulis pada santri dan segenap masyarakat. Selengkapnya

Tujuan

Membangkitkan kembali tradisi menulis di kalangan santri. Sebuah tradisi yang menjadi pencapaian yang amat dibanggakan pada era keemasan Islam (Islamic Golden Age). Penerbitan empat buletin oleh Pesantren Al-Khoirot setiap bulannya adalah salah satu langkah ke arah itu. Selengkapnya

Hubungi Kami

Alamat kontak surat menyurat dan pertanyaan pada Redaksi seputar Buletin Al-Khoirot Pondok Pesantren Al-Khoirot dapat melalui alamat-alamat berikut: Alamat Pos MA Madrasah Aliyah Al-Khoirot Jl. KH. Syuhud Zayyadi 01 Karangsuko Selengkapnya

20 Juni 2011

Wanita Berkerudung

Posted by Buletin Alkhoirot On 12.54 No comments


oleh: S. Huda
Santri PP. Alkhoirot
Website: Huda.alkhoirot.net
         Buletin Alkhoirot Edisi 30/Vol. 02/Juli/2010



Berkerudung itu cantik , tapi jika dilakukan dengan tulus. Kadang heran, kenapa masih banyak orang yang berat untuk mengenakan kerudung dan alasan mereka itu pasti macam-macam, dari yang bilang gerah sampai takut dikatain teroris. padahal wanita berkerudung itu jauh lebih baik daripada yang lainnya.

Hai cantik………..?.
            Apa kamu sudah mempersiapkan kelak setelah mati?.”cinta kepada Allah dan rasul-Nya, jawabnya dengan setulus hati”. Engkau akan bersama dengan orang yang dicintainya. Dahsyatnya cinta bisa merubah segala-galanya ”pahit menjadi manis, neraka menjadi surga, kandang menjadi taman, sedih menjadi riah, sakit menjadi sehat, duri menjadi mawar, bakhil menjadi dermawan, malang menjadi untung, penjara jadi istana , cinta yang sebenarnya adalah cinta kepada Allah dan rasul-Nya ”.


Hai cantik……..?.
Berkrudung keren loo?. Nabi Muhammad S.A.W. menangisi nasib kaum wanita dari ummatnya nanti di akherat, tetapi sekarang kalau kaum wanita Islam disuruh memakai kerudung kepala, banyak alasannya ada yang mengatakan fanatika agama, sudah kuno tidak cocok dengan zaman, panas dan lain sebagainya. Sikap kaum wanita di zaman
sekarang sungguh bertolak belakang dengan sikap kaum wanita di zaman dahulu diwaktu ayat kerudung kepala itu turun, sebagaimana diceritakan oleh Aisyah, istri Nabi



Muhammad S.A.W. berikut ini : “Telah berkata Aisyah : Mudah-mudahan Allah memberi rahmat atas perempuan-perempuan Muhajirat yang dahulu. Diwaktu Allah menurunkan ayat kerudung itu, mereka koyak kain-kain berlukis mereka yang belum dijahit, lalu mreka jadikan kerudung”.

            Hai cantik……….. ?
            Kerudung adalah mahkota?. Demi Allah mahkota paling berharga adalah kerudung yang diulur sampai kedada, menutupi perhiasan yang tidak layak dipertontonkan oleh wanita cantik beriman.

Hai cantik……..?.
Berkerudung itu indah loo? , tapi jika dilakukan dengan tulus dan baik. Kadang heran, kenapa masih banyak orang yang berat untuk mengenakan kerudung dan alasan mereka itu pasti macam-macamlah, dari yang bilang gerah sampai takut dikatain teroris. Padahal wanita berkerudung itu jauh lebih baik dan anggung daripada yang lainnya, heran juga ada yang memakai kerudung dengan baik tapi anehnya memakai pakaian celana pensil tentunya itu tidak selaras dengan krudung, “katanya biar kelihatan gaul(kereng)”.

Hai cantik……..?.
Berkerudung adalah wanita yang di hormati loo?. Wanita berkerudung akan menjadi wanita yang dihormati di dalam lingkungannya. Krudung suatu bertanda muslimah yang mempunyai niat tulus untuk menjadi hamba Allah yang baik, dengan sebab itulah sehingga membuat orang lain memperlakukan mereka lebih terhormat daripada para wanita yang berpenampilan gaul/Roker. Wanita berkerudung hendaklah bisa menjaga kelakuannya terhadap sesama dan menghormati manusia lainnya.

Hai cantik……..?.
 Wanita berkerudung mempunyai harga diri tinggi loo. Hendaknya wanita dengan adanya krudung menjaga tingkah laku dan tutur katanya dan wanita itu pasti akan tampak kecantikan hatinya karena kebaikan hati itu bisa dilihat dengan adanya prilaku dahir. Wanita yang mempunyai kecantikan hati itulah yang merupakan wanita yang mempunyai harga diri tinggi. Kecantikan fisik hanyalah kecantikan yang semu(sesaat) karena bersifat kasat mata dan cepat rusak, namun kecantikan hati tidak dapat dilihat tetapi bisa dirasakan. Kalau diibaratkan dengan sesuatu yang sangat berharga wanita berkrudung adalah dilindungi (dihargai) dengan balutan kerudung yang seakan sangat berarti (nilainya tinggi) “Dia sangatlah berharga, jangan sembarang kau sentuh”, sangat beda halnya dengan para wanita yang berpakaian memperlihatkan auratnya seakan tidak berarti “silahkan, boleh kamu lihat dan kamu raba, kami diskon  90%”(sangat murah sekali).

Hai cantik……..?.
 Wanita berkerudung adalah senjata (rudal) yang handal loo!!. Mereka bisa menjadi seperti ini bukan karena mereka pandai merangkai kata-kata penyemangat namun karena keanggunan mereka. “Hanya pria baik yang mendapatkan istri wanita baik-baik”. Dengan adanya pernyataan itu maka para pria haruslah dapat menjadi imam dahulu (berbudi baik) baru bisa mendapatkan istri yang solehah, dengan kata lain mereka adalah yang dibimbing para pria untuk menjadi lebih baik. Jadi jangan heran apabila seorang pria ditolak mentah-mentah oleh perempuan salehah mungkin karena tidak pantas untuk dijadikan imam karena mereka (wanita) itu lebih mulia.

Hai cantik……..?.
 Wanita berkerudung itu cantik luar dalam loo!!.Dari segi fisik sudah bisa dinilai, bahwa wanita berkerudung adalah wanita yang sangatlah berharga (nilainya tinggi) kalau ibarat perhiasan adalah emas 24 karat, apalagi dengan tingkah lakunya yang anggun (sopan), membuat mereka tampak luarbiasa cantiknya dan wanita seperti inilah yang akan menjadi idaman setiap para pria betulkah ?. sangat betul sekali!!.coba aja kalau tidak percaya.

Hai cantik……..?.
            Warna kerudung putih bersinar loo. memancarkan kesejukan, dan lagi ciri khas orang muslimah yang beriman.  warna memang kadang mempengaruhi keanggunan dan keelokan seorang wanita muslimah apalagi yang memakai muslimah yang berakhlak mulia.

            Hai cantik……….. ? .
wanita berjilbabIjinkan aku menunduk?. Demi Allah banyak laki-laki jujur akan mengakui bahwa titik kelemahan adalah ada pada kecantikan wajah. Jujur para istri-istri bangsawan mengiris-iris tangannya dengan pisau menyaksikan ketampanan yusuf As. Cukuplah ketampanan Yusuf  mewakili perasaan laki-laki.[]

0 komentar:

Poskan Komentar